Rabu, 03 Januari 2018

Apa sih STM itu?

Apa yang pertama kalian pikirkan ketika mendengar kata ‘sains’? Kebanyakan dari kita akan berpikir tentang ilmu yang mempelajari berbagai aspek kehidupan alam, seperti makhluk hidup. Ada juga yang akan langsung berpikiran mengenai ilmu yang di dalamnya memuat angka-angka dan rumus-rumus rumit yang memusingkan kepala (ini pikiran anak IPS, btw saya anak IPS :v). Kemudian, Apa yang pertama kalian pikirkan ketika mendengar kata ‘teknologi’? Ketika mendengar kata ini, hal yang terbesit di kepala kita kebanyakan adalah smartphone, gadget, dan internet. Karena hal ini merupakan yang paling dekat dengan kita. Dan tentunya pasti ada yang langsung berpikiran mengenai robot-robot canggih. Hal tersebut tidaklah dapat disalahkan, karena memang hal-hal yang saya sebutkan di atas merupakan bagian dari teknologi. Lalu, bagaimana jika kedua konsep di atas dikaitkan dengan masyarakat?
Sains, Teknologi, dan Masyarakat merupakan suatu pengetahuan interdisiplin yang hakikatnya merupakan pemahaman terhadap kaitan antara sains dengan teknologi dan manfaatnya bagi masyarakat (Prof. Dr. Anna Poedjiaji). Bukan hanya melihat manfaatnya, namun juga mengkaji dampak negatifnya agar masyarakat bisa menghindari hal tersebut.

Dalam pendidikan Indonesia, STM baru dihadirkan sebagai sebuah mata pelajaran (atau mata kuliah) di jenjang perkuliahan. Tidak ada mata pelajaran STM, sehingga STM dijadikan sebagai sebuah pendekatan dalam pembelajaran di sekolah. Kajian ini sangat penting bagi masyarakat mengingat kini perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga akan lebih baik jika kajian ini ditanamkan ke masyarakat sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS.

Setelah kita membahas tentang pengertian Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM), sekarang kita akan berbicara mengenai pendekatan STM dalam...