Selasa, 02 Januari 2018

Natal dan Tahun Baru, Momen Tepat Berziarah ke Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana

Banjarbaru- Libur natal dan tahun baru dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 14, Landasan Ulin Utara, Liang Anggang, Banjarbaru. Selain karena Natal yang merupakan hari raya umat Kristiani dan tahun baru yang dikonotasikan sebagai membuka lembaran baru, liburan yang cukup panjang ini membuat banyak peziarah yang datang. Hal ini terlihat dari banyaknya bunga yang ditaburkan di atas makam dengan kondisi yang masih segar. Ada sekitar 19 peziarah yang tercatat di buku tamu TMP Bumi Kencana. Peziarah tidak hanya berasal dari dalam kota, namun juga berasal dari luar kota seperti Samarinda, Kuala Kapuas dan Jorong.

Salah satu peziarah adalah Mantil Tundan (53 tahun) dan istrinya, Melce (51 tahun) yang mengunjungi makam ayah dari Mantil.Saya tiap tahun kalau Natal, tahun baru atau kalau waktu senggang pasti ke sini. Kalau Paskah, itu wajib berkunjung ke sini”, ujar Melce (2/1/2018). Mantil menjelaskan bukan hanya mereka saja yang kerap berziarah, namun juga saudara yang berada di luar kota. “Kadang berdua, kadang juga rombongan. Yang sering ke sini itu adiknya almarhum Ayah. Sama saudara yang di Tamiang Layang kadang ke sini, apalagi kalau mau ke hulu sungai kan melewati, itu pasti mampir ke sini buat ziarah”, jelas Mantil.

Meskipun sedang dalam momen ramai peziarah, tidak ada petugas yang menjaga dinas sosial di TMP Bumi Kencana, sehingga buku tamu pun tidak diisi. “Orangnya ke Banjar (Banjarmasin)”, ujar seorang warga yang berada di sekitar TMP Bumi Kencana. Hal ini menyebabkan pengunjung yang datang tidak mengisi buku tamu dan berakibat pada kurang tertibnya buku tamu TMP Bumi Kencana. (Yuni Indriani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS.

Setelah kita membahas tentang pengertian Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM), sekarang kita akan berbicara mengenai pendekatan STM dalam...