Rabu, 03 Januari 2018

Mengenal Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS.

Setelah kita membahas tentang pengertian Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM), sekarang kita akan berbicara mengenai pendekatan STM dalam pendidikan.
Menurut NSTA Report (1991 dalam Rusmansyah 2001) Sains-Teknologi-Masyarakat merupakan terjemahan dari Sains-Technology-Society (STS), yaitu suatu usaha untuk menyajikan Ilmu Pengetahuan Alam dengan mempergunakan masalah-masalah dari dunia nyata. Fajar (2004) mengasumsikan bahwa pada mulanya pendekatan STS diperuntukkan bagi mata pelajaran IPA, tetapi pada perkembangan selanjutnya dikembangkan untuk mata pelajaran IPS. Pendekatan STS ini menurut Fajar justru lebih menarik dan bervariasi diterapkan dalam pendidikan IPS, karena banyaknya isu atau masalah di masyarakat yang sangat dekat dengan pendidikan IPS itu sendiri. Untuk mengatasi isu atau masalah yang timbul di masyarakat tersebut peserta didik dapat mengaplikasikan konsep dari pendidikan IPS yang telah dipelajarinya dan sangat dimungkinkan dalam prosesnya terdapat keterkaitan dengan aplikasi konsep dari pendidikan IPA (Ratri, 2005: 10).
Adapun tujuan pendekatan STM adalah menghasilkan peserta didik yang cukup memiliki bekal pengetahuan, sehingga mampu mengambil keputusan penting tentang masalah-masalah dalam masyarakat serta mengambil tindakan sehubungan dengan keputusan yang telah diambilnya (Hidayanti: 2006).

Sains dan teknologi yang berkembang sangat pesat banyak menimbulkan perubahan, baik itu di alam maupun dalam keadaan sosial masyarakatnya. Pendekatan STM sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang merupakan integrasi dari berbagai ilmu sosial dan humaniora, yang secara keseluruhan membahas tentang permasalahan sosial. 
Penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran IPS tidak bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang ahli dalam bidang sains ataupun teknologi, namun agar peserta didik menyadari dampak perkembangan sains dan teknologi serta dapat bijaksana dalam memilih dan memilah dampak tersebut. Selain itu, pendekatan STM dalam pembelajaran IPS juga melatih peserta didik untuk peka terhadap lingkungan sekitar dengan mengamati permasalahan sosial yang ditimbulkan oleh perkembangan sains dan teknologi serta mampu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS.

Setelah kita membahas tentang pengertian Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM), sekarang kita akan berbicara mengenai pendekatan STM dalam...