Rabu, 27 Desember 2017

Inovasi Ojek Online

Di zaman modern dimana teknologi merajajela, segala aspek kehidupan menjadi 'bersentuhan’ dan berbasis teknologi. Teknologi kini tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri, kemutakhiran teknologi saat ini menawarkan kemudahan dalam segala aspek.
Dari aspek pendidikan, kini telah mengenal e-learning. Dari urusan untuk berbelanja kini olshop sudah menjamur. Dan inovasi baru yang cukup menuai cukup banyak kontroversi, yaitu ojol atau ojek on line. Ojek on line adalah transportasi umum yang menggunakan akses internet untuk memesannya. Penyedia jasa ojek on line cukup banyak, seperti Uber, Grab, dan Gojek.
Hampir di tiap-tiap kota besar kini bertebaran driver ojol. Hal ini terjadi karena kemudahan dan kemurahan dalam menggunakan ojol mengakibatkan banyaknya peminat pengguna jasa ini. Tentu saja hal ini berakibat munculnya peluang kerja. Ojol menjadi potensi kerja paruh waktu yang sangat mudah untuk dijalani. Siapapun yang memiliki lisensi mengemudi dan kendaraan dengan kondisi ‘prima’ dengan surat-surat lengkap memiliki peluang untuk menjadi driver ojol.
Namun, adanya ojol ini dianggap ‘menggeser’ keberadaan ojek konvensional dan menimbulkan gesekan. Para ojek konvensional merasa ojol ‘merebut’ lapangan kerja mereka. Tidak jarang perseteruan ini berujung pada kerusuhan dan sampai menimbulkan korban. Namun seiring berjalannya waktu, perselisihan antara ojek online dan ojek konvensional mulai mereda dan tidak sesering ketika awal kemunculan ojek online.

Keberadaan ojek online ini sama saja seperti inovasi-inovasi di bidang teknologi yang lainnya. Ada dampak positif berupa kemudahan dan ada dampak negatif seperti konflik dengan ojek konvensional. Tinggal kita sebagai masyarakat yang harus menanggapi dan menggunakannya secara bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS.

Setelah kita membahas tentang pengertian Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM), sekarang kita akan berbicara mengenai pendekatan STM dalam...